Selasa, 19 Oktober 2010

Kuliah Multicast


hemmm... mata kuliah multicast.
apaan tuw? tag pernah terbayang sebelumnya klo pada akhirnya saya masuk di kelas multicast. kata temen-temen sie kelas ekonomi karena kelas ini terdiri dari 90an peserta. wowwww!!

Pada mata kuliah ini diampu oleh bapak ali dan mas  ……. Karena keterbatasan alat maka untuk praktek pointing multicast dibagi menjadi 3 kelompok. Untuk per kelompok masing-masing anggotanya berjumlah 30an orang. Untuk kelompok 1 dapet bagian praktek pointing multicast pada tanggal 14 Oktober, kelompok 2 tanggal 15 oktober dan untuk kelompok terakhir pada tanggal 16 oktober. Dalam satu kelompok tersebut masih di bagi lagi  menjadi beberapa kelompok. Karena alat yang tersedia hanya 5 buah parabola, maka dibagai menjadi 5 kelompok, sehingga per kelompok berjumlah 6 orang.

Kebetulan saya mendapat kelompok 1 dapat jatah pratek pointing parabola pada hari pertama yaitu hari kamis, so… hari jum’at n sabtu bisa libur dee. Asiknya…. :D. Diantara 5 buah parabola yan tersedia, kelompok saya dapet parabola yang sudah dirakit…jadi tinggal ngSett posisi ajah dee. Gag butuh waktu lama sie bwt ngSett posisi parabola ke satelit.. so kelompok saya langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pointing. Disini tugasnya nyari sinyal, minimal yang harus didapat yaitu 80%. Begitu mencoba pointing, sinyal yang didapat sekitar 62-64%. Angka yang masih jauh untuk mendekati nilai 80%. Butuh waktu lama untuk mendapat sinyal 80%.. kita harus memutar parabola [mpe pusing tuw parabola diputer-puter, hehehehe…]. Sinyal 80% tag juga didapat dan akhirnya pun saya mencoba untuk mereset modem. Dan pada waktu modem dSett ulang… akhirnya kelompok saya langsung menemukan sinyal sekitar 85%. Horeeeee….!! Pointing pun selesai dilakukan. 

Belum selesai sampai disini… kami harus melakukan instalasi server. G beitu rumit sie… tapi kami harus antri dl karena kabel VGA cm ada 1 buah. Haduwww… :( untuk mengisi waktu luank tersebut, tag lupa kami vuthu-vuthu… [narziz bin eksis mode on]
Tiba giliran kelompok kami yang menginstall server, alhamdulillah tag ada kendala untuk tahap ini. Setelah selesai menginstall server, kami pun mencoba untuk transfer data dan melihat siaran streaming seamolec. Tapi sayang sekali, karena seamolec sedang g streaming… jadi kami tag bisa melihat siaran dari seamolec.
Setelah semua tahap sudah terlaksanakan, kami harus membongkar parabola untuk kegiatan selanjutnya yaitu kelompok 2 dan tak lupa alat-alat yang telah digunakan diletakkan ditempat semula. selesai…. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar